Analisis Pelanggaran Etika dalam Bisnis versi hafidsammar


Iklan tersebut menampilkan produk minuman segar yang diminum oleh seorang pria dalam sebuah supermarket dan diam diam diperhatikan oleh seorang kasir wanita yang terpesona dengan cara pria tersebut minum. lalu ketika pria tsb ingin membayar, kasir wanita berbohong dengan alasan happy hour dan memberikan satu botol produk minuman segar kepada sang pria agar kasir wanita tsb bisa melihat kembali sang pria meminumnya.

Analisis :

Iklan tersebut tidak sesuai dengan Etika bisnis dan hukum islam, karena ketika seseorang membeli sebuah produk dalam supermarket hendaknya membayar dulu ke kasir agar mengutamakan transaksi jual beli sehingga membuktikan bahwa penyedia layanan telah menyediakan produk terbaik dan pembeli mendapatkan produk yang sesuai dengan haknya. apabila produk telah dibuka sebelum terjadi transaksi jual beli, maka pembeli tidak dapat haknya untuk mengclaim apabila barang tersebut terdapat kecacatan produk karena pembeli telah melanggar Etika Bisnis.

Dan, Kasir yang memberikan produk minuman gratis kedua karena alasan pribadi ingin melihat kembali pria yg meminum produk tersebut telah melanggar ketentuan bisnis karena telah semena mena memberikan produk gratis diluar dari kebijakan yang telah dibuat oleh supermarket. kecuali, kasir tersebut bertanggung jawab membayar/menggantikan uang yang keluar.


Ps : Mohon maaf apabila ada pihak yang merasa dirugikan ataupun merasakan hal yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu disini karena saya hanya memenuhi kewajiban tugas perkuliahan untuk mengalanisa Iklan yang terdapat pelanggaran Etika Bisnis. dan saya menggunakan teori mencocok cocokan untuk dapat menemukan pelanggaran tersebut.

Postingan populer dari blog ini

KASUS ETIKA BISNIS "SKANDAL EMISI VOLKSWAGEN"

MAKALAH Jenis Pasar, Latar Belakang Monopoli, Dan Etida dalam pasar kompetitif

Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Perusahaan